Skip to main content

UAMBN Al-Qur'an Hadist 2016/2017 kurtilas

Rangkuman Kisi-kisi UAMBN MTs Al-Quran Hadist
Materi Kelas VII Kurikulum 2013

  1.       Fungsi hadist terhadap Al-Qur’an
a.       Mengukuhkan hukum yang sudah ada dalam Al-Qur’an
b.      Merinci ayat Al-Qur’an yang global
c.       Menetapkan hukum yang belum terdapat dalam Al-Qur’an
d.      Membatasi keumuman ayat Al-Qur’an
  
  
  2.       Q.S. Al-Fatihah/1
Tiga ayat pertama mencakup makna yang dikandung Asmaul Husnah. Ajaran tauhid yang terkandung adalah sifatiyah (asma dan sifat), artinya kita
meyakini bahwa Allah memiliki sifat-sifat keutamaan sebagaimana tersirat pada ayat-ayat tersebut. Pada ayat 6 mencakup segala yang meliputi urusan makhluk dalam mencapai Allah dan menoleh untuk meraih rahmat-Nya serta mengesampingkan selain-Nya. Sungguh hanya kepada-Nya kita berharap agar menunjukan arah tujuan yang benar.

Q.S. An-Nas/114
Merupakan salah satu surat yg disebut dengan al-mu’awwidzatain , yaitu dua surat yg mengandung perlindungan (yg lain yaitu Al-Falaq). Perlindungan yang dimaksud disni adalah memohon perlindungan dari iblis dan bala tentaranya.
Ajaran tauhid yang jelas tersirat dalam isi kandungan surat ini, mengingat penghambaan manusia yang dalam kepada Allah, sebagaimana dijelaskan pada ayat-3, akan menghantarkan rasa ketidakberdayaannya dan menyandarkan hanya kepada Allah dari semua kejahatan.Maka sudah sepantasnya bagi kita selalu memohon pertolongan dan perlindungan hanya kepada Allah SWT. Mengakui bahwa sesungguhnya, seluruh nya atas pengaturan dan kehendak Allah

Q.S. Al-Falaq/113
Surat ini mengandung ajaran tauhid dengan hanya memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT.

Q.S. Al- Ikhlas/112
Dalam surat ini jelas dikatakan bahwa pengesaan terhadap Allah mutlak harus kita lakukan sepenuh hati, dimana sifat Allah yang tidak munkin dimiliki makhluk-Nya adalah Esa,tunggal. Sehingga kita hanya mempersembahkan semua penghambaan kita hanya kepada Allah SWT.

  
  
  3.       Makna perkata Hadist tentang iman riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majah
dan =و  di dalam hati= بالقلب  diyakini= معرفة 
dan = و  dengan lisan = باللسان  diucapkan = قول   
dengan anggota badan (perbuatannya) = بالأركان  dilakukan = عمل
      
         Hadist tentang ibadah yang diterimah Allah riwayat Al- Bazzar dari Adh-Dhahak
    Terjemah :  
          Allah SWT berfirman, Aku adalah sebaik-baik sekutu. Barang siapa mempersekutukan aku dengan yang lain, berarti ia telah diserahkan kepada sekutu itu. Wahai manusia! Beramallah kalian dengan ikhlas karena Allah SWT, sesungguhnya Allah tidak menerima amal seseorang, kecuali yang didasari keikhlasan kepada-Nya. Janganlah kalian mengucapkan, ’Ini demi Allah dan ini demi kekeluargaan.’Perbuatan itu hanya karena kekeluargaan, tidak sedikitpun karena Allah. Jangan pula kalian mengucapkan, ’Ini demi Allah dan ini demi pemimpin kalian.’Amalan seperti itu hanyalah untuk kehormatan pemimpin kalian, tidak sedikitpun karena Allah. (HR. Al-Bazzar dari Ad-Dahaq dalam hadits muslim) 

  
  4.     Hukum bacaan Iqlab
        Hukum bacaan iqlab terjadi apabila nun mati ( ن ) atau tanwin bertemu dengan huruf ba ( ب ) . Cara membacanya dengan mengganti nun mati menjadi mim mati.

  
  5.         Penarapan dari Q.S. Al- Kafirun/109 dan Q.S. Al-Bayyinah/98 yaitu dengan melakukan sikap toleransi.
        Toleransi berarti sifat atau sikap suka menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan,kelakuan, dsb) yang berbeda atau bertentangan dengan pendiriannya sendiri.Konsep Islam yang paling dekat dengan sikap toleransi adalah sikap tasamuh yang berarti pemurah dan mempermudah.
        Toleransi pun diseimbangkan dengan sikap fanatik (yang positif)
  
  6.  Q.S. Al- Lahab/111 : 1-5
بسم الله الرحمن الرحيم 
           Asbabun Nuzul Q.S. Al- Lahab : 
     Suatu ketika Rasulullah menuruh kaum Qurays untuk berkumpul di Bukit Shafa, maka berkumpulan mereka. Rosulullah bertanya apabila ia mengatakan bahwa akan ada musuh besok pagi atau petang, apakah kaum Qurays akan percaya, maka kaum Qurays mengatakan 'percaya'. 
     Lalu beliau mengatakan bahwa siksa Allah akan segera datang. Lalu Abu Lahab berkata "Celakalah engkau (N. Muhammad) ! Apakah hanya untuk ini engkau kumpulka kami ?". Maka turunlah Surat Al-Lahab
      Riwayat lain, bahwa istri Abu Lahab menyebarkan duri-duri di jalan yang akan dilalui Rasulullah, dan turunlah surat ini yang menjelaskan bahwa yang menghalang-halangi dan menyebar permusuhan akan mendapat siksa Allah.

      Q.S. An-Nasr/110 ; 1-3


                                    بسم الله الرحمن الرحيم

             Asbabun Nuzul Q.S. An-Nash/110 : 1-3, yaitu saat peristiwa Fathu Makkah, ketika kaum muslimin bersama-sama memasuki kota Mekkah, dan pada saat itu kaum Qurays pun berbondong-bondong masuk Islam. Surat ini turun sebaga perintah untuk mengucapkan syukur atas pertolongan dan kemenanngan yang telah datang.

    ps : Awas copy ketauan bu diani :v

Comments

Popular posts from this blog

TEORI-TEORI MASUK NYA ISLAM KE INDONESIA dan SALURAN PENYBARAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA

      TEORI-TEORI MASUK NYA ISLAM KE INDONESIA A.     Teori Gujarat (India) Tokoh yang mendukung teori ini adalah para ilmuwan Belanda seperti Pijnappel dan Moqette yang mengatakan bahwa yang membawa agama Islam ke Indonesia ialah orang-orang Arab yang sudah lama tinggal di Gujarat (India). Menurut mereka, Islam masuk ke Indonesia sejak awal abad ke 13 Masehi bersama dengan hubungan dagang yang terjalin antara masyarakat Nusantara dengan para pedagang Gujarat yang datang, dengan jalur Indonesia-Cambay- Timur Tengah- Eropa. Snouck Hurgronje yang juga sebagai   ilmuwan Belanda berpendapat bahwa hubungan dagang Indonesia dengan orang-orang Gujarat telah berlangsung lebih awal dibanding dengan orang-orang Arab. Teori masuknya Islam di Indonesia yang dicetuskan Hurgronje dan Pijnapel ini didukung oleh beberapa bukti : 1.        Batu nisan Sultan Samudera Pasai Malik As-Saleh (1297) dan batu nisan Syekh Maulana Malik Ibrahim di Gresik memiliki kesamaan dengan batu nis

UAMBN Al - Quran Hadist Kelas VIII

Rangkuman Kisi-kisi Al - Qur'an Hadist Materi Kelas VIII kurikulum 2013 7. Mad Iwadh   ( 2 harakat / 1 alif )        Iwadh =   pengganti . Mad yang terjadi apabila ada fathahtain yang berada di akhir ayat/ waqaf                   Contoh = Q.S. Al- Kahfi    18 : 110                              

Motivation Letter - Mencintai dan Memahami Diri Sendiri [RAJA BRAWIJAYA 2020]

  Yth. Panitia RAJA BRAWIJAYA 2020, di tempat               Assalamualaikum wr.wb.        Mencintai dan memahami diri merupakan suatu keharusan, tidak hanya keharusan tapi juga kebutuhan. Dengan mencintai diri kita dapat menjalani hidup kita dengan lebih enjoy , percaya diri, dan bahagia. Memahami diri sendiri pun membuat kita menerima kekurangan serta menunjukan dan mengembangkan kelebihan yang kita punya.              Perempuan dengan nama lengkap Qoirunnisaa Mauliya Wardani, yang akrab disapa Aul ini telah menjalani hidupnya selama delapan belas tahun dengan terus berusaha mencintai dan memahami dirinya sendiri. Dalam memahami diri, saya tidak pernah merasa puas. Saya selalu berusaha untuk lebih menggali potensi-potensi yang ada dalam diri saya, serta memperbaiki kekurangan yang saya punya.           Mengutip dari perkataan orang bijak, “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini” selalu saya usahakan untuk saya terapkan dalam